Kamis, 25 November 2021

 

Latar Belakang dari Canva


Pada tahun 2015, dari 514 kabupaten dan kota, ternyata ditemukan 400 daerah yang baru terjangkau dengan jaringan serta optik. Sehingga ada 114 daerah yang belum terjangkau dikutip dari detik.com. Berkaca melalui data ini, terlihat bagaimana ketimpangan internet di Indonesia pada era itu.

Tercatat, warga Indonesia tersebar di 17.504 pulau dengan kondisi geografis beragam. Ada yang bermukim di daerah yang mudah dijangkau dan tidak sedikit pula yang tinggal di pelosok-pelosok dimana memiliki kondisi medan yang sulit atau pun daerah 3T.

Harapan untuk menyediakan jaringan telekomunikasi seluruh Indonesia dalam jaringan internet bukanlah hal mudah dan menjadi tantangan bagi pemerintah. Indonesia memiliki konektivitas telekomunikasi (internet) merata bukan hanya mimpi belaka. Negara hadir untuk membuat warga aktivitas tanpa batas dalam digitalisasi. 

Tol Langit

Pada tahun 2016, pemerintah Indonesia telah menggagas ide untuk membangun proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang dinamakan Proyek Palapa Ring. Terinspirasi dari “Sumpah Palapa” yang digelorakan oleh Patih Gajah Mada, nama tersebut mempunyai tujuan meningkatkan sistem telekomunikasi di Indonesia sehingga seluruh masyarakat bisa terhubung.

Pada masa tersebut belum terjadi pandemi tetapi sudah dicetuskan, bahkan menurut Rudiantara, saat menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika. Ide ini sudah ada sebelum pemerintah era Presiden Joko Widodo. 

Tetapi implementasi gagasan ini baru bisa dijalankan mengingat banyak rintangan terutama di masalah pendanaan. Hal ini diutarakan langsung saat beliau presentasi kepada kami, narablog dalam rangka sosialiasi Proyek Palapa Ring, (31/01/2018) di Gedung Kompas.

Rudiantara sosialisasi dengan narablog (31/1/2018) dok. pribadi

Proyek Palapa Ring berpadu dengan satelit disebut sebagai Tol Langit, hal ini dijelaskan oleh Rudiantara. Terdapat 3 paket yang dikeluarkan oleh pemerintah, yakni Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur dikutip dari kominfo.go.id.

Palapa Ring merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik yang mengitari 7 pulau di Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua dilansir dari detik.com. Awal tender proyek ini digelar oleh pemerintah pada tahun 2015 melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Palapa Ring selesai 100 % pada bulan Oktober 2019. Presiden Joko Widodo meresmikan Palapa Ring pada 14 Oktober 2019 di Istana Negara. 

Keesokan hari, saya menghadiri Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB), di Ruang Serbaguna Roeslan Abdul Gani, Kemenkominfo. Saya menyaksikan langsung bagaimana Papua Barat pertama kali terhubung dengan video conference dengan gambar jernih akibat kecepatan internet kencang dan stabil. 

Pesona Palapa Ring membuat saya terkagum-kagum yang telah menghadirkan internet cepat. Berkat Palapa Ring seluruh nusantara terhubung seperti Sumpah Palapa.

sumber Kemkominfo

"Palapa Ring inilah yang nanti akan menyatukan negara kita Indonesia, karena dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote semuanya bisa tersambung, bisa berbincang-bincang, dan bisa saling mengenal di antara kita," kata Presiden Joko Widodo dikutip dari media sosial FMB9. 

Rudiantara menjelaskan bahwa seluruh wilayah Indonesia sudah terhubung internet cepat atau kecepatan tinggi. "Mulai saat ini, dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia tidak ada yang tidak dihubungkan dengan tol langit (Palapa Ring)", tutur Rudiantara dilansir dari FMB9.

Dengan adanya tol langit dapat menghubungkan ekonomi digital hingga menyentuh sampai pelosok Indonesia. Terutama daerah 3T, bahkan di daerah perbatasan. 

Tujuan penting dari Palapa Ring yaitu konsep pemerataan. Bagaimana menghadirkan sinyal 4G hingga pelosok sampai seluruh daerah. Palapa Ring pun mempercepat seluruh proses layanan publik. 

Internet cepat membangun masyarakat sekitar, jika mereka memanfaatkan secara efektif dengan cara membuat atau pun mengembangkan usaha mereka baik industri mau pun olahan. 

Manfaat bagi operator telekomunikasi yaitu berdampak jaringan optik lebih tinggi, tetap stabil meski cuaca ekstrim, dan waktu pengiriman data menjadi lebih baik. 

Internet Cepat Sampai Pelosok

Sekarang yang menjadi pertanyaan, siapakah operator terpercaya yang bisa menghadirkan internet cepat sampai ke pelosok Indonesia ini? Yang bisa membuat aktivitas tanpa batas? Saya menyarankankan pakai IndiHome, mengapa? Pertama, sudah mempunyai "nama baik", pengalaman, dan terkenal sebagai internet Indonesia karena tersedia sampai pelosok nusantara seperti sumpah palapa.

Selain itu memiliki kecepatan internet hingga 300 Mbps. Ada fitur khusus untuk TV seperti Pause & Rewind, VoD, dan lainnya. Tersedia pula paket bebas menelpon hingga 1000 menit sesuai pilihan paket. Kalau kalian termasuk tipikal nomaden, bisa gunakan Wifi.id Seamless

Untuk para pekerja event yang menyelenggarakan acara virtual secara langsung tayang di media sosial, biasanya memerlukan kecepatan internet yang tinggi agar tayangan stabil dan tidak terputus. Di sini mereka bisa memanfaatkan fitur tambahan kecepatan secara temporer atau pun upgrade speed secara permanen. 

Jangan lupa pilihan beragam channel favorit sesuai permintaan pelanggan. Tersedia juga di IndiHome, yakni paket-paket khusus sesuai kebutuhan, antara lain paket khusus Gamers, Pelajar, Pengajar, bahkan Jurnalis.

Foto Latar Belakang: Canva

Lead by IndiHome

Sekarang masa e-sport berjaya. Harap diingat para gamer bukan hanya di Pulau Jawa saja tetapi di berbagai pulau. 

Di sinilah saya mendapatkan data bahwa IndiHome mempunyai academy eSport, yaitu pusat pengembangan atlet eSport untuk komunitas dan antusias eSport Indonesia yang bernama Limitless Esport Academy by IndiHome (LEAD by IndiHome). IndoHome mendukung perkembangan gamer di Indonesia dengan academy eSport-nya.

Dikutip dari indohome.co.id, LEAD by IndiHome mengusung konsep Athlete Enablement yang berfokus pada proses pendidikan player dari yang bermain sebagai hobi ke player yang bermain dengan mental olahragawan. Dari inilah terbukti IndiHome internetnya untuk gamer.

Kedaulatan Digital

Kedaulatan digital membuat warga Indonesia beraktivitas tanpa batas khususnya dalam internet. Begitu banyak manfaat yang dirasakan rakyat dengan adanya internet cepat dan stabil di seluruh pelosok negeri. Negara sudah menghadirkan internet cepat senusantara dan IndiHome turut berperan dalam mewujudkan Indonesia berkedaulatan digital.

Jangan lupa untuk menggunakan internet secara bijak, sesuai apa kata Presiden Joko Widodo. Mari bersama-sama hadirkan berbagai manfaat positif dari internet untuk Indonesia maju dan satu.




1 komentar:

Peran indihome ternyata sangat berguna ya terutama untuk wilayah 3T misalnya. Mudah2an akses internet indihome makin kencang dan kualitasnya menjangkau sampai wilayah pelosok negeri, aamiin.

REPLY

Lisa Moningka . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates