Senin, 02 Desember 2019

(ki: Yura Yunita ka: Bunda Galih)





Baru pertama kalinya saya melihat penampilan langsung dari seorang Yura penyanyi Merakit didampingin seorang praktisi bahasa isyarat, Bunda Galuh yang sedang melakukan bahasa isyarat sastra. Hal ini berlangsung dalam konferensi pers dalam rangka mempromosikan “Merakit Ruang Kolaborasi”. Mereka berdua berkolaborasi dalam rangkaian nada disertai gerakan isyarat.

Berhubung pada tanggal 3 Desember 2019 dirayakan sebagai hari disabilitas internasional. Yura mengajak teman-teman disabilitas untuk mengikuti workshop yang diselenggarakan selama dua hari. Pertama,  15/12/2019, musik perkusi untuk teman tuli, memasak, bahasa isyarat dan workshop kecantikan. Kedua, 20/12/2019, fotografi dan videografi.

Workshop ini ditangani oleh para praktisi sesuai dengan bidang mereka masing-masing. Seperti Touch and Play (perkusi), Parti Gastronomi (memasak), dan Raditya Bramantya (videografi). Workshop ini bisa diikuti oleh teman-teman disabilitas dengan cara mendaftar mulai dari tanggal 3/12/2019. Infonya disebarkan melalui akun media sosial Yura Yunita juga beberapa komunitas disabilitas di Indonesia. Acara ini merupakan kolaborasi antara Yura, Wardah, British Council, dan Mbloc Space.

Konferensi Pers di MBloc Space, Jakarta (2/12/2019)
Berangkat dari pengalaman Yura yang terinpirasi oleh teman-teman disabilitas yang tidak pernah menyerah melawan batasan-batasan mereka. Bahkan pada saat Yura mengalami saat-saat terberat dalam hidupnya, dia melihat mereka dan merasa tertampar. Momen itu terjadi pada tahun lalu yang menginspirasi dia mencipta lagu Merakit.


Setelah bisa bangkit, Yura mengajak mereka para penolongnya, teman-teman disabilitas untuk mengisi rekaman bagian koor. Bahkan dalam video musik dimana Yura bekerja sama dengan Raditya Bramantya, sutradara asal Yogyakarta. Dalam video ini menerjemahkan cerita dan kata-kata menjadi suatu rangkaian gambar yang memberikan semangat, kekuatan, dan memunculkan pesan bahwa Kita semua mempunyai kurang dan lebih. Tapi, keterbatasan jangan menjadi halangan untuk terus merakit mimpi. (***)

dokumentasi : penulis

21 komentar

Saudara kita yang mengalami disabilitas tu juga bukan karena mereka ingin menjadi seperti itu. Ada kuasa Tuhan yang menentukan. Saya angkat topi bagi rekan-rekan yang mempunyai kepedulian ekstra kepada saudara2 kita penyandang disabilitas. TOP.

REPLY

Yupz zaman now kita musti sering² berkolaborasi agar cpt menjadi besar dan tujuan kegiatan lbh mudah tercapai. Sukses acara workshopny yaa

REPLY

Sungguh mulia sekali ya kak yura. Sangat bersemangat mengadakan workshop untuk para disabilitas. Saya suka tema workshhopnya "merakit ruang kolaborasi".

REPLY

Kemarin saya lihat video tentang disabilitas. Ternyata mereka gak kepengen "dikasihani" mereka cuma mau diberi kesempatan yang sama, karena mereka bukan produk gagal.

REPLY

Kolaborasi sangat penting di jaman now! Gak perlu gengsi karena dasarnya manusia adalah makhluk yang saling membutuhkan

REPLY

Keren ya penyanyi sekelas Yura begitu humble dan mau berbagi kasih. Ini bener kasih impact positif bagi semua pihak loh, menginspirasi istilahnya.

REPLY

Duh Yura, saya suka banget sama penyanyi satu ini. Humble dan nilai plus support kawan-kawan kita yg disabilitas. Semoga semakin banyak sosok-sosok seperti Yura di Indonesia.

REPLY

Workshop yang sangat bermanfaat sekali apalagi bersama teman-teman disabilitas. Mereka sama seperti kita kok dapat berkarya juga .

REPLY

Saat ini disabilitas sudah diberi ruang dan perhatian khusus, sperti teansportasi buat disabilitas juga ada... penunjuk jalan buat disabiltas juga sudah ada... semoga ke depannya semakin diperbanyak dan dipermudah..sehingga teman2 disabilitas pun tidak merasa lagi mereka disabilitas

REPLY

Jadi makin ngefans dengan yura yunita. Udah lagu dan dan suaranua bagus, perhatian pula dg kaum disabilitas

REPLY

Jadi acaranya masih bisa diikuti ya, Bun?

Saya bener2 baru tau Yura Yunita, cantik banget dan peduli dengan sesama. Semoga makin banyak akses untuk teman2 disabilitas menyalurkan bakatnya

REPLY

Keren ya Yura Yunita, artis yang punya awareness dan dan kepedulian sm teman-teman difabel. Semoga masyarakat juga makin peduli ya sama kebutuhan para disabilitas ini.

REPLY

wah keren nih yura yunita,,, mengikutsertakan temen2 disabilitas di karyanya,,, inspiring.. semoga makin byk penyanyi indonesia yang melakukan hal serupa. temenn2 disabilitas pasti happy bgt itu

REPLY

Saya yang kudet ini malah tidak tahu siapa Yura Yunita. Nanti cari informasi tentangnya. Soalnya saya juga berkepentingan dengan hal yang berkaitan dengan disabilitas berdaya guna. Penting banget untuk memotivasi dan menyemangati diri. Keterbatasan fisik bukan untuk membuat seseorang berada dalam titik tidak dihargai. Keterbatasan itu adalah cara kerja Tuhan sebagai pengingat dan rasa kasih sayang pada sesamanya.
Para disabilitas masih harus berjuang dengan beragam caranya. Namun masih banyak yang terabaikan.

REPLY

Saya salut sama sesiapa yang peduli disabilitas. Artis, atau orang biasa. Salut juga sama para disable yang berdaya, bahkan melebihi kita yang orang awam sebut normal. Orang awam ya, karena sejatinya kita tuh sama aja, tergantung usaha dan perjuangan. Mampu atau kurang mampu harusnya bukanlah halangan. Ya kan?

REPLY

Kita sebagai manusia normal harus banyak bersyukur ya ..malu rasanya dengan teman2 kita yg disabilitas tapi mereka semangat juang nya tinggi dan ga gampang menyerah menghadapi rintangan...keren ulasannya sangat menginspirasi..

REPLY

alhamdulillah ada yang mengadakan workshop untuk kaum disabilitas. saya senang dengan membaca artikel ini. Jika sewaktu waktu ada kegiatan ini didaerah saya, saya siap ikut berpartisipasi

REPLY

Angkat Topi untuk mbak Yura Yunita, memang kita harus memiliki rasa kepedulian kepada orang yang mengalami dsabilitas. karena mereka pun tidak menginginkan seperti itu akan tetapi nasibnya yang seperti itu.

sebagai manusia yang sempurna diantara mereka yang kurang beruntung sepatutnya kita menghargai dan membantunya

REPLY

Selalu salut dengan saudara-saudara kita yang disabilitas
mereka tetap berkarya dengan baik dalam segala keterbatasannya
Bahkan bisa jadi jauh lebih berprestasi dari kita yang katanya lengkap ini

REPLY

Bicara soal disabilitas, teman saya yang seorang disabilitas justru memiliki kemampuan lebih bahkan melebihi orang normal. Benar-benar tidak menyangka bahwa sebagian disabilitas juga memiliki kemampuan lebih

REPLY

Keren sekali yura yunita, bisa membuat workshop bagi kaum disabilitas. Semoga pertumbuhan disabilitas bisa semakin membaik di Indonesia

REPLY

Lisa Moningka . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates