Minggu, 15 Desember 2019



“Pernah mendengar Hari Nusantara atau Hari Nusantara Nasional?” Pertanyaan ini saya coba ajukan ke beberapa orang. Dari orang tak dikenal sampai sahabat-sahabat saya. Istilahnya ingin membuat survei kecil-kecilan. Dan sekaligus memperkenalkan Hari Nusantara Nasional yang jatuh pada setiap 13 Desember.

Hasilnya lumayanlah, dari belasan responden secara acak ditanyakan, terdapat 3 orang yang pernah dengar. Tapi mereka hanya pernah mendengar saja tanpa mengetahui apa itu Hari Nusantara Nasional.

Mereka yang tidak tahu, malah bertanya balik ke saya. Langsung saya jawab dengan sotoy (sok tau) berbumbu gaya menggurui pas sedang pakai katamata hitam bergagang tebal pula. Padahal, saya juga baru tahu kemarin Senin (11/12/2019), gara-gara menghadiri diskusi media yang diselenggarakan oleh Forum Merdeka Barat 9 (FMB) yang diinisiasi oleh Kementrian Kominfo. Dengan slogannya “Informasi Akurat, Data Valid dan Narasumber Terpercaya.” Mantap, bukan? Kali ini FMB9 mengambil tajuk “Sudahkah di Atas Laut Kita Sejahtera?”

Ceritanya begini, dahulu kala pengakuan dunia terhadap wilayah Indonesia masih terpisah-pisah oleh lautan. Jadi kalau kalian keluar 3 mil dari garis pantai itu sudah bukan Indonesia. Istilahnya masuk ke area tak bertuan karena wilayah Indonesia masih mengacu pada Ordonansi Hindia Belanda 1939.

Pemerintah tidak bisa diam diri menghadapi kemelut yang memecah belah wilayah Indonesia. Sehingga tercapailah Deklarasi Djoeanda (atau Djuanda) yang dipimpin oleh Djoeanda Kartawidjaja sehingga bisa menyatukan negri kita. Yang kemudian diresmikan dalam UU No.4/PRP/1960 tentang perairan Indonesia menjadi penguat dasar konsepsi Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bermula dari Dekralasi Djuanda kemudian Konsepsi NKRI mulai diakui oleh dunia internasional.

Atas dasarnya pentingnya deklarasi ini, bisa dikatakan sebagai hari kemerdekaan kedua bagi NKRI. Melalui Kepres No. 126 tahun 2001, Presiden RI ke-V yaitu Megawati Soekarnoputri menetapkan 13 Desember sebagai Hari Nasional, Peringatan Hari Nusantara. Untuk selanjutnya dikukuhkan lagi dengan dasar hukum penyelenggaraan peringatan Harnus (Hari Nusantara) diterbitkan Kepmenko No. 173 Tahun 2019.


“Kita harus berterima kasih kepada para pendahulu kita, para pemimpin kita dalam hal ini adalah Djoeanda Kartawidjaya, beliau mempimpin Deklarasi Djuanda yang isinya memandang laut dan pulau sebagai pemersatu.” Tutur Asdep Bidang Olahraga dan Budaya Maritim Kemenko Maritim Kosmas Harefa pada saat menjelaskan sejarah deklarasi Djuanda.

Baik, sekarang kalian penasaran ‘kan, bagaimanakah keriaan perayaan Hari Nusantara Nasional 2019 yang diselenggarakan, seperti apa sajakah? Untuk tahun ini, perayaan puncak Harnus digelar pada 14 Desember 2019 di Pariaman, Sumatera Barat.

Tema besarnya adalah “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju.” 15 Kementrian terlibat demi menyelenggarakan perhelatan besar-besaran ini. Di mana terdapat acara menabuh gendang sepanjang 1 KM, yang akan masuk dalam rekor MURI-Tabuh Gendang Terpanjang.

Sekretaris Jenderal Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Sekjen KemenPUPR) Anita Firmanti Eko Susetyowati yang menjadi salah satu nara sumber di FMB9 memaparkan sejumlah program acara. Dimulai dari pembukaan, Minggu (8/12/2019) dengan acara Mancing Mania yang diikuti dengan 37 group peserta.

Lalu masih hari yang sama juga dilaksanakan Nusantara 5K dan 10K, melibatkan 43.000 peserta. Sedangkan pada Selasa (10/12/2019) mulai dibuka acara Nusantara Expo diikuti oleh pihak pusat serta daerah dengan total 84 booth.

Eits, jangan kalian kira perayaan ini hanya untuk senang-senang saja. Selanjutnya ada sejumlah kegiatan bakti sosial. Antara lain dalam bentuk pelayanan kesehatan, pemberian pendidikan tentang penyelamatan untuk para nelayan, dan aksi bersih-bersih serta penanaman mangrove. Selain itu Kementrian PUPR melakukan groundbreaking pasar di Pariaman yang sebelumnya terbakar serta ada pendatanganan prasasti untuk perbaikan pantai Gandoriah, diikuti pemberian ribuan bantuan untuk perbaikan rumah.


Dikuatkan dari narasumber selanjutnya Dirjen Penyediaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi AH memaparkan beberapa kegiatan pembangunan. Salah satunya penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk masyarakat kota Pariaman.

Mengingat mereka banyak yang belum memiliki rumah layak huni maka perlulah disalurkan bantuan ini. Total 1.000 unit rumah mendapat bantuan sebesar Rp17,5 juta. Dipecah Rp15juta untuk bahan material, sisanya untuk biaya jasa. Ditambah pembangunan penahan ombak di sekitar Pantai Gandoriah.

Narasumber selanjutnya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan R. Agus H. Purnomo menceritakan tentang terpilihnya Indonesia menjadi anggota Dewan Organisasi Maritim Interasional (International Maritime Organization/IMO) KategoriC Periode 2020-2021 ”Dengan masuknya menjadi Dewan IMO, maka kita akan ikut sidang-sidang yang membahas seluruh kebijakan di bidang pelayaran internasional, kita ikut mewarnai di sana.”

“Termasuk juga bagaimana membangun dalam SDM pelayaran yang unggul. Banyak tenaga ahli di anggota IMO yang memberikan pandangan dalam rangka bagaimana SDM kita meningkat.” Tambah Purnomo.

Mengenai Sertifikasi untuk pelayan, Purnomo menambahkan bahwa ada program sertifikasi untuk para nelayan. Diharapkan pada 2020 seluruh kapal nelayan dan pelautnya dapat tersertifikasi. Oh ya, ini yang paling penting. Yaitu program sertifikasi tidak dipungut biaya.

Bagaimana? Hari Nusantara 2019 yang terdapat hiburan atraksi terjun payung dan paralayang oleh sejumlah prajurit TNI, patut berikan apresiasi? Bukan hanya perayaan semata tetapi juga diisi dengan kegiatan sosial dan pembangunan infrastuktur. Yaitu memperbaiki jalan ke seluruh lokasi wisata Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado-Bitung-Likupang.

Selamat Hari Nusantara ke-19, NKRI, negara kepulauan terbesar di dunia. (***)

#harnus2019

foto depan: dok. penulis

25 komentar

Baru tahu kalau ada hari nusantara dan tanggal perayaannya 13 Desember hehe. Makasih infonya mbak :)

REPLY

Dulu pas zaman Bu Susi, beliau mendapat kehormatan dari Dewan Organisasi Maritim Interasional ini. Semoga dengan adanya Hari Nusantara Nasional semakin memotivasi anak-anak kita untuk lebih menjaga lautnya.

REPLY

aku baru tau lho kk Hari Nusantara Nasional, well noted

REPLY

Saya juga baru tahu ada Hari Nusantara Nasional.
Bukan tanggal merah sih . . .

REPLY

Pernah baca sliweran d timeline twitter kapan itu, daan saat itu aku baru tahu lho, ada hari nusantara nasional.

REPLY

Saya juga baru tahu kalau 13 Desember itu diperingati sebagai hari nusantara nasional.
Semoga dengan tulisan ini, makin banyak masyarakat yang tahu ya.

REPLY

wow.. Saya juga baru tahu kalau ada peringatan Hari Nasional. Semangat berNegara Kesatuan Republik Indonesia

REPLY

Mungkin saat kak lisa mengajukan pertanyaan ke saya tentang Hari Nusantara atau Hari Nusantara Nasional juga tidak tahu, dan baru saat ini saya memahami tentang Nusantara Nasional. Tks sudah berbai pengetahuannya.

REPLY

Ok ..jadi tau juga ada hari Nusantara... penting dari kita menghargai Nusantara...minimal merayakan hari lahirnya setahun sekali...

REPLY

Baru tahu ada hari Nusantara. BTW saya pernah jadi Fasilitator BSPS, menyenangkan bisa menjalani hari bersama MBR

REPLY

Ya ampuuun beneran aku juga baru nih infonya. Ohoii jadi gitu ya. Makasih infonya

REPLY

Aku termasuk yang belum pernah dengan Hari Nusantara. Aku ingin tahu nih, sertifikasi nelayan itu yang disertifikasi apa? Semoga dengan adanya sertifikasi, nelayan-nelayan lebih terangkat ekonominya.

REPLY

Peringatan Hari Nusantara, saya baru tahu nih. Semoga kelautan Indonesia terus maju dn berkembang, nelayan sejahtera dan batas kepulauan negara juga terjaga dengan baik.

REPLY

Hari nusantara aku baru tau loh kak, makasih sharingnya kak. Tapi di kalender libur ga ya wkwkwk, mayan tambah jatah libur.

REPLY

Saya baru tahu soal hari Nusantara ini mbak. Perayaannya berarti setiap 13 Desember ya mbak? Bagus nih kinerja pemerintah, smg terus diertahankan

REPLY

Saya malah baru tau loh dari artikel ini kalo ada yang namanya Hari Nusantara. Thanks infonya yaa kak 🤓

REPLY

Selamat Har Nusantara ke-19!!!
Saya sudah tahu tentang peran Pak Djuanda itu, tapi malah baru tahu kalau ada Hari Nusantara. Saya merasa kecolongan, nihh, karena sudah bikin daftar hari-hari di bulan Desember dan tak ada HarNus di sana.

Tak apa, yang penting saya bahagia dengan perayaan HarNus tahun ini, karena 15 kementerian kompak merayakannya, yang bukan perayaan tapi dikembalikan ke masyarakat. Alhamdulillah.

REPLY

Wah, selamat hari nusantara (harnus) negeriku,, 13 Des lalu ya... Negara kepulauan terbesar di dunia. Kereenn

REPLY

saya pun baru tahu tentang hari nusantara nasional ini, dan sebagian besar warganet yang komen disini pun baru tau... perayaan nya pun sangat berbobot yaa!

REPLY

Saya kok baru tahu juga ya Hari Nusantara ini. Apa karena kurang familiar sebab namanya terlalu umum ya.

REPLY

wah berarti aku kudet nih,, kalo tanggal 13 desember itu adalah hari nasional. apa karena kurangnya sosialisasi di masyarakat ya..

REPLY

Jujur baru tahu sekarang soal hari nusantara, ternyata diperingati setiap 13 desember. Artinya, kita tetap harus menghormati para pendahulu yang berjuang untuk menjadikan indonesia berdaulat

REPLY

wah, saya baru tahu kalau ada Hari Nusantara. Ini sejak kapan ya Kak mulai diadakan? Saya rasa mungkin ini untuk lebih mencintai tanah air kita ya

REPLY

yeayyy kmren aku ikut meramaikan gegap gempita hari nasional ini

meski hanya via twitter :D

REPLY

Baru tau ada hari nusantara, wah baca ini jadi lebih tau lagi soal sejarah.

REPLY

Lisa Moningka . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates